46.977 Orang Terima Tunjangan Sertifikasi Guru

Medan (SMK-1 Sipoholon) – Guru profesional harus memiliki kualifikasi akademik minimum sarjana (S1) atau diploma empat (DIV), menguasai kompetensi (paedagogik, profesional, sosial dan kepribadian), memiliki sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
Demikian kata sambutan Kadis Pendidikan Propinsi Sumatera Utara, Drs H Bahrumsyah yang dibacakan Kasubdis Pendidikan Tinggi, Drs Primuadi MSP, saat membuka kegiatan sosialisasi pelaksanaan sertifikasi pendidikan guru, yang diikuti 100 orang di Sekolah Luar Biasa (SLB) se Sumatera Utara di Aula T Amir Hamzah, Dinas Pendidikan Sumut, Kamis (5/11).
Dijelaskan, sosialisasi sertifikasi dilakukan bertujuan meningkatkan kualitas kompetensi guru, melalui sertifikasi yang diberikan kepada guru yang sudah dinyatakan lulus sertifikasi, baik melalui program portofolio maupun pelatihan yangdilaksanakan pemerintah pusat dan LPTK perguruan tinggi negeri.
Sementara Plt Kasubdis Pengembangan Tenaga Pendidikan (PTK) Disdiksu, Muklis SH pada sosialisasi pelaksanaan sertifikasi guru SLB menjelaskan, berdasarkan data akhir Oktober 2009, sebanyak Rp339,9 miliar telah disalurkan untuk tunjangan kepada 46.977 guru di Sumut.Dari jumlah tersebut sebanyak Rp298 miliar disalurkan kepada 16.872 guru untuk tunjangan profesi, Rp35,1 miliar kepada 29,205 guru untuk tunjangan fungsional non PNS kepada 800 guru tunjangan daerah khusus.
Rincian penerimaan dan realisasi tunjangan hingga akhir Oktober 2009 sebanyak 16.872 guru terdiri dari 10.895 guru untuk program wajib belajar (wajar) TK, SD, SLB dan SMP dan 5.977 guru untuk program menengah SMA, SMK dan pengawas.
Dari 10 program terobosan Disdik Sumut, salah satunya memberikan bantuan untuk kesejahteraan pendidik. Kebijakan untuk kesejahteraan pendidik dan tenaga pendidik diharapkan agar seluruh guru yang telah lulus sertifikasi, akan lebih meningkatkan kompetensi guru dalam berkemampuan mengajar di kelas.
Dalam memasuki tahun ketiga pelaksanaan sertifikasi guru dalam jabatan di tahun 2009 di Sumut, terdapat beberapa perubahan mendasar dalam proses penetapan perserta sertifikasi guru, pasalnya jumlah sasaran peserta sertifikasi guru setiap tahunnya ditentukan oleh pemerintah dan Depdiknas. Termasuk dari SMK-1 Sipoholon, guru yang telah mendapat tunjangan profesi dari SMK-1 Sipoholon 9 orang. (SIB/M.23/u)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: