Besok, Ujian Masuk Bersama PTN Digelar

Jakarta, Sabtu hingga Minggu (7/6), berbagai perguruan tinggi menggelar ujian masuk bersama perguruan tinggi negeri (UMB-PTN) 2009 di sejumlah tempat. Peserta UMB dari DKI Jakarta mencapai 26.000 peserta.

Para peserta UMB tersebut akan memperebutkan 8.906 kursi yang tersedia di tujuh PTN di berbagai wilayah. Ketujuh PTN tersebut antara lain Universitas Syiah Kuala, Universitas Sumatera Utara, Universitas Jambi, Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, dan UIN Makassar.

Seleksi masuk PTN ini diselenggarakan oleh Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara (PSPMBN). ”Seleksi yang di Jakarta akan digelar di 50 sekolah,” ujar Ridla Bakire, Ketua Pelaksana UMB-PTN DKI Jakarta, Kamis (4/6) di DKI Jakarta.

Bakri mengatakan, peserta UMB-PTN di DKI tergolong besar dari keseluruhan peserta se-Indonesia yang berjumlah 74.000 orang. ”Peserta UMB-PTN DKI terbesar kedua setelah Medan (28.000 peserta),” tambah Ridla.

Pekan lalu (Kompas.com, 28 Mei 2009), sekretaris PSPMBN Soesmalijah Soewondo di Jakarta menjelaskan, mahasiswa yang masuk lewat jalur UMB akan membayar biaya kuliah mahasiswa reguler seperti halnya lewat jalur seleksi nasional masuk PTN (SNMPTN). Seleksi UMB ini ditujukan untuk mengukur kemampuan calon mahasiswa berdasarkan prediksi bahwa peserta yang diterima di PTN bersangkutan diperkirakan dapat menyelesaikan studinya dengan baik dan tepat pada waktunya.

Tahun ini, tujuh PTN yang menggelar UMB melalui PSPMBN menyiapkan 291 program studi. Hasil UMB akan diumumkan Senin (29/6) di masing-masing PTN atau bisa dilihat melalui http://www.spmb.or.id.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: